LEMAK BAIK??? I LOVE U……

Jangan salah ni,, makanan lemak emang gak ada matinya….

Dimana mana makanan yang mengandung lemak…. Ada yang anti pula sama lemak…!! Lho kenapa harus anti sama makan makanan yang mengandung lemak…?? Hehe… salah pilih lemak kaleee…. Sebenarnya lemak tuh bagus banged buat tubuh… Cuma lihat dulu lemak macam apa yang bermanfaat buat tubuh…

Salah satu lemak ada yang namanya Asam Lemak Esensial (ALE),

emang apaan tuh ALE???

ALE tuh Asam lemak yang terdiri dari Asam Linoleat dan Asam linolenat, Asam lemak ini dikatakan Esensial karena memang penting buat tubuh karena tubuh memang gak bisa menghasilkan lemak ini,,jadi jangan salah kalo tubuh kita memang membutuhkan banged si ALE ini hehe…

manfaatnya si ALE tuh buat apa??

ALE manfaatnya banyak buat tubuh salah satunya yang penting banged yaitu buat pertumbuhan jaringan dan fungsi normal semua jaringan atau organ tubuh,, selain itu untuk alat angkut dan membantu penyerapan vitamin A,D,E,K , menghemat protein juga sehingga protein yang sedianya buat pertumbuhan gak digunakan sebagai sumber energy, sebagai pemberi rasa kenyang juga…. ,, dan juga sebagai pelumas dalam pencernaan biar sisa pencernaan bisa keluar, nah ini buat yang suka mendaki atau tinggal didaerah pegunungan kalo suhu dingin lemak bisa membantu menghangatkan tubuh makanya kalo suhu dingin orang lebih cenderung banyak makan karena pembakaran lemak atau karbohidrat dalam tubuh juga makin banyak,, selain itu lemak juga diperlukan tubuh untuk melindungi organ tubuh dari benturan dan menjaga tetap pada tempatnya…

Lalu pentingnya Asam Linoleat sama Linolenat buat apa??

Ya penting banget karena dari dua Asam lemak ini punya anak… hehehe… yang biasanya dipanggil turunan lemak yaitu Omega 6 (Asam Arakidonat) anak atau turunan dari Asam Linoleat, lalu Omega 3 (Asam Eikosapentaenoat yang biasanya di kardus susu ditulis EPA) dan Asam dokosaheksa atau biasanya ditulis DHA di kardus susu, tapi sebenarnya tubuh bisa kok menghasilkan 3 asam lemak turunan ini tapi memang kurang efisien pembentukannya, karena biasanya bayi dan balita memang butuh EPA dan DHA untuk pertumbuhannya, bagi orang dewasa untuk reproduksi, mengatur tekanan darah dan denyut jantung, untuk regenerasi sel-sel tubuh serta untuk mengurangi kerentanan terhadap infeksi,, dan hal yang gak kalah pentingnya dari 50% berat kering otak manusia adalah lipida atau lemak yang 50% terdiri atas lemak tidak jenuh ganda yaitu EPA dan DHA,dan ASI ibu memang sudah mengandung EPA dan DHA yang diperlukan bagi pertumbuhan dan kecerdasan otak balita bu’k…. Subhanallah…. Makanya bayi tuh cukup diberi ASI doank… ampe 6 bulan tanpa kasih makanan apapun

Eh bicara doank loe… emang makanan apa aja yang mengandung asam lemak linoleat sama linolenat??

Ya yang simpel simpel aja kok, seperti minyak jagung , minyak kacang kedelai, kalo ga ada bisa kacang kedelainya dan minyak biji matahari, bisa juga wijen, kecambah, gandum, minyak ikan dan ASI (kecuali minyak sawit n kelapa karena punya ikatan lemak jenuh) tapi bukan makanan diatas doank yang lemaknya baik tapi juga lemak hewani sangat baik buat tubuh asal kita bisa mengelola dan mengatur cara makan kita biar ga berlebih agar tidak membahayakan kesehatan hanya karna kebanyakan lemak

Emang ada lemak baik and lemak jahat ya??

Yup btul banged lebih tepatnya sel lemak yang baik and yang jahat… lemak tuh macam macam seperti sudah gw bilang dari awal ada yang namanya VLDL (Very Low Density Lipoprotein) ,ada yang namanya LDL (Low Density Lipoprotein), ada juga yang namanya HDL (High Density Lipoprotein)

Apaan aja tuh??

Ya memang kendaraan dari kolesterol yang beredar dalam darah and jaringan itu si lipoprotein (lemak yg berprotein gt mudahnya),, jadi kalo lipoproteinnya banyak kayak si HDL maka si kolesterol kendaraannya lancar buat di bawa ke hati atau dikeluarkan dari tubuh… tapi kalo kayak si VLDL atau LDL yang punyak Lipoprotein yang sedikit maka banyak ngadatnya buat kolesterol dikeluarkan dari dalam tubuh….

So gimana biar si HDL lebih hebat dari si LDL??

Ya banyakin olahraga dunk karena apa?? Si oksigen bisa membakar lemak yang emang numpuk ga penting dalam tubuh sehingga awalnya LDL yang banyak ngalir sekarang setelah olahraga HDL yang kandungan proteinnya lebih banyak beredar dalam pembuluh darah yang bisa mencegah penyumbatan pembuluh darah

Trus lemak apaan sih yang slama ini ga baek buat kesehatan??

Nah ini yang emang slama ini terjadi pada makanan,, pada dasarnya kalo lemak bersentuhan sama udara dalam jangka waktu lama maka akan terjadi perubahan biasanya disebut proses ketengikan(rancidity). Jadi oksigen akan terikat jadi ikatan rangkap (ikatan molekul lemak ada yang pendek,sedang ama panjang) dan membentuk peroksida aktif (H₂O₂) ini ni yang sebenarnya dah bentuk racun karena peroksida ini memang reaktif banged dan bisa membentuk hidroperoksida yang sifatnya gak stabil banget dan mudah pecah menjadi senyawa dengan rantai karbon yang lebih pendek nah ini pecahan pecahan senyawanya ini yang sifatnya mudah menguap yang biasanya baunya tengik dan bersifat toksik/racun. Biasanya reaksi ini bisa terjadi perlahan-lahan pada suhu menggoreng normal dan dipercepat oleh adanya sedikit besi dan tembaga yang biasa ada didalam makanan. Minyak yang digunakan untuk menggoreng pada suhu tinggi atau dipakai berulangkali akan menjadi hitam dan produk oksidasi (pembakaran minyak tadi) akan menumpuk. Asam lemak tadi pecah dan terbentuk akrolein, si akro ini yang biasa mengeluarkan asap tajam yang merangsang tenggorokan.

Kalo minyaknya biar awet diapain dunk??

Nah biasanya yang jadi antioksidan tuh vitamin A, C dan E, tapi kalo pada minyak sih vitamin E yang bisa mencegah terjadinya peroksidasi (H₂O₂) sehingga bisa mencegah proses ketengikan.. Bisa ditambah pake Butylated Hydroxy Anisole (BHA) dan Butylated Hydroxy Toluene (BHT) sehingga bisa memperpanjang masa simpan lemak/minyak atau makanan berlemak/berminyak.

Sunita Almatsier

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: